Adibhasan's Blog

Just another WordPress.com site

Pembatasan Penggunaan BBM Besubsidi Untuk Motor


Dalam waktu dekat ini pemerintah berencana untuk melakukan pembatasan penggunaan BBM bersubsidi bagi motor dan mobil pribadi. pada akhirnya BBM bersubsidi ini akan dialihkan kepada angkutan umum. tujuan akhirnya adalah pengguna angkutan pribadi beralih menggunakan angkutan umum, sehingga secara langsung maupun tidak langsung penggunaan kendaraan pribadi akan berkurang otomatis kemacetan pun akan berkurang.
Namun hendaknya sebelum kebijakan ini diberlakukan diperhatikan terlebih dahulu kondisi real dari masyarakat itu sendiri. pertama yang perlu dilihat tentunya kesiapan dari angkutan umum itu sendiri. apakah keadaan tersebut sudah memadai? jawabannya tentu belum, angkutan umum merupakan salah satu tempat yang rentan terjadinya tindak pidana. disamping itu kondisi yang kurang sehat dari angkutan umum sendiri yang dinilai oleh sebagian orang masih kurang sehat. sehingga dengan begitu kondisi dari angkutan umum itu belum siap, maka seharusnya sebelum kebijakan ini diberlakukan perlulah dibenahi terlebih dahulu kondisi angkutan umum.
kedua adalah kondisi masyarakat daerah-daerah repencil yang tidak bisa dijangkau dengan angkutan umum dan hanya mengandalkan motor. tentunya masyarakat yang seperti akan mengalami kesulitan bila mana kebijakan ini diterapkan.
ketiga, kemungkinan munculnya pasar gelap (seperti yang dilansir oleh Pramono Anung, wakil ketua DPR). praktek pasar gelap ini tentu akan menjadi problem baru dari kebijakan ini dikarenakan adanya perbedaan harga antara BBM yang bersubsidi dengan BBM yang tidak bersubsidi.
hal tersebut barulah sebagian kecil dari pertimbangan yang perlu diperhatikan oleh pemerintah dalam menetapkan kebijakan pembatasan penggunaan BBM bersubsidi untuk motor ini.

May 30, 2010 - Posted by | umum

1 Comment »

  1. nice post bro!!😀

    Comment by riskiarista | May 31, 2010 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: