Adibhasan's Blog

Just another WordPress.com site

ANTARA SERANGAN ISRAEL DENGAN MAHKAMAH PIDANA INTERNASIONAL (MPI)


Serangan Israel terhadap Kapal Turki Mavi Marmara pada Senin (31/5) sekitar pukul 5 waktu setempat, tidak hanya memberikan pukulan terhadap umat se-agama saja tapi telah merenyuh hati umat manusia secara keseluruhan. Hal ini terbukti dengan munculnya kecaman-kecaman tehadap Israel yang tidak hanya dari negara-negara Muslim, tapi juga muncul dari negara-negara yang mayoritasnya bukan muslim, seperti Jerman dan Inggris.  Dan masih banyak lagi negara yang melakukan hal yang sama.

Di Internasional terdapat sebuah Mahkamah pidana internasional.  MPI ini memiliki yurisdiksi terhadap empat kategori pelanggaran HAM berat, yaitu Genocida, Crimes against humanity , war crime dan agresi. Dari tindakan yang dilakukan oleh Israel selama ini sampai dengan serangan terakhir Israel yang menyerang kapal yang berisikan bantuan terhadap logistik terhadap penduduk Palestina sudah dapat digolongkan sebagai Crimes against Humanity. Dasarnya adalah sebagai berikut,

Pengaturan mengenai crimes against humanity diatur dalam pasal 7 statuta roma, yakni : For the purpose of this Statute, ‘crime against humanity’ means any of the

following acts when committed as part of a widespread or systematic attack

directed against any civilian population, with knowledge of the attack:

(a) Murder;

(b) Extermination;

(c) Enslavement;

(d) Deportation or forcible transfer of population;

(e) Imprisonment or other severe deprivation of physical liberty in violation of

fundamental rules of international law;

(f) Torture;

(g) Rape, sexual slavery, enforced prostitution, forced pregnancy, enforced

sterilization, or any other form of sexual violence of comparable gravity;

(h) Persecution against any identifiable group or collectivity on political,

racial, national, ethnic, cultural, religious, gender as defined in paragraph

3, or other grounds that are universally recognized as impermissible under

international law, in connection with any act referred to in this paragraph

or any crime within the jurisdiction of the Court;

(i) Enforced disappearance of persons;

(j) The crime of apartheid;

(k) Other inhumane acts of a similar character intentionally causing great

suffering, or serious injury to body or to mental or physical health.

Untuk dapat dikatakan suatu tindakan digolongkan sebagai crimes against humanity cukup terbukti salah satu dari ke 11 kategori perbuatan tersebut, juga perbuatan tersebut merupakan penyebarluasan atau penyerangan secara langsung terhadap penduduk sipil secara sistematis. Jadi untuk dapat dikategorikan perbuatan tersebut sebagai crimes against humanity, kita musti mengkategorikan tidakan Israel memenuhi unsur-unsur tersebut.

Khusus terhadap Israel, agar memenuhi unsur penyebarluasan maka kita bisa melihat dari tindakan blockade yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina semenjak tahun 2009. Apa yang terjadi pada akhir Mei ini merupakan kelanjutan dari blockade tersebut, sehingga unsure dari penyebarluasan dan sistematis dapat terpenuhi. Kemudian juga dilaporkan bahwa pada seranga terakhir dari Israel tersebut juga dikabarkan terjadinya pembunuhan, sehingga ini dapat menguat pertanggungjawaban dari Israel.

Namun untuk dapat dilakukan penuntutan terhadap Israel tidaklah mudah, mekanismenya sangat panjang, dan memakan waktu yang sangat lama. Tahap awal adalah dilakukannya penyelidikan yang dilakukan oleh penuntut umum, yang atas inisiatifnya sendiri atau adanya laporan setelah terlebih dahulu juga disetujui oleh Pre trial chamber. Masih dalam tahap penyelidikan, karena ini merupakan kejahatan internasional, tentu saja penuntut umum mau tidak mau harus melakukan kerja sama dengan Negara yang bersangkutan untuk meneruskan penyelidikan. Tidak sampai disitu, sesuai dengan prinsip MPI komplementaritas (pelengkap) maka terlebih dahulu ditentukan apakah Negara tersebut unwilling atau unable dalam menyelesaikan persoalannya. Jika telah ditentukan demikian barulah bisa diangkat ke MPI. Perlu diketahui bahwa yang dapat diadili di MPI adalah orang bukan Negara yang bersangkutan, maka yang akan diadili adalah komandan atauu yang memberi perintah dari tindakan tersebut.

Setiap langkah tersebut mempunyai kendalanya masing-masing. Sebagai contoh kita melihat dalam melakukan kerja sama antara penuntut umum dengan Negara, dalam rangka menyelidiki warga negaranya. Saya rasa ini tidak mungkin, karena sudah pasti Negara akan melindungi warga negaranya. Jadi ini merupakan suatu persoalan.

Kembali kepada persoalan Israel, saya beranggapan walaupun melalui MPI tindakan dari Israel dapat dipertanggungjawabkan, namun untuk dapat menjalankannya sangatlah tidak mungkin.

Tindakan Nyata-Alternatif

Dengan MPI tidak dapat dilakukan penuntutan, maka alternatifnya adalah melalui PBB.

Israel yang telah bergabung dengan PBB sejak 11 Mei 1949, tentu sudah sangat paham akan tujuan dari Perserikatan Bangsa-bangsa tersebut yaitu memelihara perdamaian dan keamanan. Adanya tindakan Israel tersebut sudah merupakan ancaman terhadap perdamaian, pelanggaran terhadap perdamaian, atau tindakan agresi (pasal 39 UN charter), maka untuk tindakan tersebut PBB dapat melakukan anjuran-anjuran atau tindakan yang diambil maupun mempergunakan kekerasan (pasal 44 UN charter).

Kesimpulan

Permintaan pertanggungjawaban melalui MPI adalah sesuatu yang sangat sulit. Alternatifnya adalah dengan melalui PBB. Dengan lewawt PBB maka sanksi yang akan mungkin diterapkan akan bertambah, seperti semakin memungkinkan akan diusut melalui MPI, setelah melakukan sanksi lain tentunya seperti sanksi ekonomi dsb..

Dengan melihat serangan dari

June 1, 2010 - Posted by | umum

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: