Adibhasan's Blog

Just another WordPress.com site

Mencari Sosok yang Tepat dalam Memimpin KPK


Panitia seleksi calon Ketua KPK telah membuka pencalonan untuk yang memikul beban dan tanggung jawab sebagai pemimpin KPK selama empat tahun ke depan. Sosok seperti apakah yang tepat dalam posisi ini?

Syarat formal untuk dapat menjadi salah calon dari pimpinan KPK, telah tercantum dalam pasal 29 UU no 30 Tahun 2000 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi: diantaranya adalah:

1) berijazah sarrjana hukum atau lain yang memiliki keahlian dan pengalaman sekurang-kurangnya 15 tahun, dibidang hukum, ekonomi, keuangan dan perbankan

2) berumur sekurang-kurang nya 40 tahun dan setingginya 65 tahun

3) tidak pernah melakukan perbuatan tercela

4)tidak merupakan pengurus partai politik

Itu merupakan empat diantara sebelas syarat untuk dapat diangkat  sebagai Pimpinan KPK.

Menjadi Pemimpin dalam kubu yang sering mendapat goncangan dari luar ini sangatlah tidak mudah. Karena begitu beratnya tanggungan yang akan diemban kedepannya. melihat kepemimpinan KPK sebelumnya periode Antasari Anshar, yang sekarang terlibat kasus  pembunuhan Wiliardi wizard. Entah ini merupakan spekulasi dalam melemahkan KPK atau kah memang terlepas dari itu, hanya dapat dijawab dari proses pengadilan yang berjalan. Sejauh ini pengadilan masih menetapkan bahwa Antasari memang bersalah.

Kasus kedua adalah terkait dengan wakil ketua yang dijabat secara kolektif BIbit-Chandra juga terlibat kasus dugaan pemerasan Anggoro. Berita terakhir, kasus ini akan dibuka kembali setelah diterimanya pengajuan praperadilan oleh Anggodo, setelah sebelumnya sempat dikeluarkan SKPP (Surat ketetapan penghentian penuntutan).

Kasus-kasus di atas dapat dijadikan  gambaran bagaimana menjadi pimpinan KPK tidaklah suatu hal yang main-main. Maka dari itu sangatlah diperlukan sosok yang tangguh dalam menempati posisi tersebut.

Jangan Dipandang Sebagai tantangan

Dari begitu banyak nama yang sudah mencalonkan diri ke Pansel Calon Ketua KPK tentu ada yang menganggap ini sebagai sebuah tantangan. Namun saya berharap hendaknya jangan demikian, karena untuk menjadi seorang pemimpin tersebut merupakan suatu amanah. Bukan merupakan anugrah, anggaplah sebagai cobaan seperti layaknya sahabat Rasulullah ketika diangkat menjadi Khalifah di atas muka bumi.

Yang menjadi pimpinan KPK semoga saja bukan job seekers ataupun orang yang haus akan jabatan, namun karena panggilan jiwa karena merasa dirinya pantas dan termasuk dari kriteria yang telah ditentukan. Selain perlu diperhatikan para job seekers hendaknya perlu diperhatikan juga adanya orang-orang yang merupakan titipan partai politik atau organisasi manapun, untuk menjaga independensi di kubu KPK itu sendiri.

Beratnya untuk menjadi pimpinan KPK hendaknya tidak menyurutkan niat pejuang-pejuang bangsa dalam menegakkan keadilan.

June 9, 2010 - Posted by | umum

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: