Adibhasan's Blog

Just another WordPress.com site

Pengalaman Mencari Kerja


Hari ini 20 Maret 2012, sehari setelah saya Ulang Tahun, hehehe…

hari ini 20 Maret 2012 dua bulan setelah saya telah bukan lagi mahasiswa…

dan hari ini 42 hari setelah saya di wisuda….

bingung ni mau nulis apa, saking banyaknya yang terjadi setelah terakhir kali nulis disini…

untuk mengawali, mari berbagi kisah saya dalam pasca kampus alias pengalaman nyari kerja.

1. Summarecon Group

summarecon group ini merupakan pengalaman pertama saya dalam mencari kerja. waktu itu saya memang belum lulus. nah ketika itu ada pengumuman penerimaan karyawan gtu di perusahaan ini, n terbuka juga untuk yang belum lulus alias mahasiswa tingkat akhir, tanpa pikir panjang setelah melengkapi syarat2nya, saya mendaftar dan berhak mengikuti psikotes. saya lupa tanggal nya brapa tapi waktu itu diadakan pagi jam 8, sampai sekitar jam 11an. dan hasilnya langsung kluar pada siang harinya, dan ternyata sya g’ lulus,🙂. gpp si, malah dapat pengalaman berharga dalam tes ini, yaitu mengetahui adanya tes Kreplin.

2. pengalaman tes pertamina

Pengalaman saya yang kedua adalah pada saat dengan iseng mengikuti job fair ITB (lupa tanggal pastinya tapi sekitar oktober-november gitu lah) dan dengan alasan yang sama jga me-apply di pertamina. waktu itu syarat untuk mendaftarnya sangat mudah sekali, yaitu cukup dengan berbekal CV dan Transkrip akademik saja. saya yang baru saja sidang UP (Usulan Penelitian) tentu saja masih menyisakan CV dan transkrip yang jga sebagai syarat untuk mengikuti UP.

walhasil, ternyata dalam tahap seleksi administrasi saya lulus, hehehe. dan berkesempatan mengikuti psikotes. pada saat melihat soal psikotesnya, ternyata itu adalah soal psikotes yang sama dengan psikotes yang waktu Summarecon, ya jelas saja beberapa soal masih hapal n telah mengtahui beberapa trik soal lah berkat pengalaman sebelumnya. walhasil tes itu lancar. setelah saya ingat-ingat kembali pada saat tes di Summarecon itu diadakan di UNPAD dan tentu saja dalam tahap rekrutmen jga bekerja sama dengan UNPAD, makanya soalnya sama. yang berbeda adalah pada tes kertas koran, jika summarecon menggunakan Kreplin (hitungan dari bawah ke atas) sementara di pertamina menggunakan Paulie (dari atas ke bawah). 

hasil pengumumannya sekitar dua minggu setelah tes tersebut. dan ternyata lulus, hehehe. dan di minta untuk interview hrd dan user di gd. pertamina langsung di JKT, wedeh keren g’ tu, hehehe…

singkat cerita saya naik kereta api ke Jakarta. saya di jadwalkan untuk wawancara pukul 10.00, cuma setelah ngantri, baru sekitar jam 12an dipanggil untuk wawancara. ternyata dari unpad yang lulus skitar 5 orang, 3 orang dari 2007 dan 2 orang masing-masing angkatan 2006 dan 2007. 

cerita menarik pada saat saya wawancara adalah ketika yang mewawancara saya minta maaf kepada saya. ya ceritanya begini. pada saat saya di panggil untuk wawancara saya diantar ke dalam ruangan, wawancara, ruangan kecil, ya paling 2×2,5 meter lah. disana sudah ada dua orang yang, yang satu perempuan dan yang satu lagi pria. setelah memberi salam dan mempersilahkan duduk saya baru duduk. setelah sedikit pembukaan, saya diminta untuk memperkenalkan diri “in english” wew, sedep banget lah, klo blum ada persiapan, hahaha,… setelah terbata2 akhirnya dilanjutkan dengan pertanyan kuliah dan skripsi. pada saat mereka membaya CV saya mereka baru sadar kalo saya itu belum lulus, dan mereka terkejut akan hal tersebut. setelah itu saya menjelaskan bagaimana proses saya bisa sampai disitu, dan setelah mendengar penjelasan saya mereka minta maaf, “kamu seharusnya tidak berada disini, ini mungkin kesalahan dari kita, tapi nantinya kita akan membicarakan lagi dengan atasannya. setelah itu mereka bertanya2 tentang skripsi saya dan setelah itu beres lah wawancara. 

wawancara saya hanya sekitar 20 menit,, sangat sebentar dibanding dengan yang lain yang menimal setengah jam-satu jam. dalam tes tersebut jika lulus akan langsung tes kesehatan esok harinya, dan hasil wawancara akan keluar sore harinya.

dan ternyata saya memank tidak lulus, dan saya yakin memank karena saya belum lulus kuliah, dan yang lulus pada tahap berikutnya dan melanjutkan pada tes kesehatan yaitu dua anak hukum angkatan 2007 tdi, dan pada akhirnya yg lulus adalah teman saya yang bernama yandi yang akhirnya sekarang bekerja di pertamina.

by-by pertamina!!

3. Lontoh n Partners

tes kerja saya yang berikutnya adalah Law firm. kantor hukum ini meng-apply-nya secara Online lewat jobstreet dan jobsDB. pengalaman saya tes di law firm ini sangat mengejutkan dan sulit sekali, karena kayaknya memang saya tidak lulus. soalnya itu mencari general principle dari sebuah charte dan kemudian membandingkannya dengan charter yang lainnya, waktunya sangat singkat. dan walhasil jawaban saya banyak yang kosong. 

result: fail

4. Assegaf N partners

Assegaf N Partners ini merupakan tes kantor hukum saya yang kedua. cara me-apply-nya ketika ada Day of Law Career di UI. jadi semua yg mengajukan CV pada acara itu berhak mengikuti tes teori hukum. dalam tes ini banyak sekali kendala yang saya hadapi. mulai dari kehilangan sepatu di mesjid UI, kehujanan setelah membeli sepatu dan saya telah sekitar setengah jam. soalnya hanya 4, dan minta dipilih dua darinya, dan pastinya bahasa inggris. 

result: kemungkitan kesar tidak lulus, karena sudah lebih dari 3 minggu

5. Lubis, Ganie, Soruwidjoyo, n Partners

tes ini berlangsung seminggu setelah tes Assegaf berlangsung. tesnya bertempat di seberang gedung KPK. dalam tes ini ada 100 soal PG, yang kita boleh buka catatan apapun, keren g’ tuh, tapi tetap saja tesnya sulit bro… pada lembar terakhirnya ada kasus, yang juga sulitnya.

result: kemungkinan besar juga gagal

6. PT JIEP

ini merupakan tes perusahaan pertama saya setelah saya lulus. tempat tesnya di Pulo Gadung, di kawasan industri. soal tesnya menurut saya tidak terlalu sulit, hanya materi hukum.

result: kemungkinan tidak lulus, karena sudah lebih 3 minggu.

7. BCA

tes yang hanya sekedar iseng, untuk mengetahui bagaimana rasanya di wawancara, hehehe, dan hasilnya pun g’ lulus.

8. Astra motor-ACC

banyak yang mengatakan klo tes Astra itu sulit, dan emank sulit kayaknya karena saya g’ lulus heheh, klo saya pikir2 lagi si kemungkinannya si karen kambar pohon saya robek tanpa disengaja, hehehe. dan asal tau saja saya ngambil acc itu ya karena sudah g” tau lagi musti me-apply kemana karena tujuan saya Pertamina dan PLN saya g’ memenuhi syarat adm… dan milih acc itu hanya karena teman saya jga milih itu ya sudah saya juga pilih itu, hehehe

result: fail, in first step

9. BNI

ini tes yang sampai saat ini masih menunggu keluar hasilnya. ya sekitar 2-4 minggu lagi lah. tes BNI ini jg berkat me-apply saat Job fair di UI tanggal 8-10, harga tiketnya 30rb permasing-masing hari, weleh…

tes yang sudah saya lewati, tes bahasa inggris, psikotes, dan wawacara psikolog

10. Nusantara Sakti Group

perusahaan ini jga sama isengnya dengan yang tes BCA. waktu itu ada spanduk bahwa Disnakertrans mau mengadakan job fair gtu yang mengikutsertakan BUMN dan BUMS, tertarik donk saya. ternyata sampai sana mengecewakan sekali. karena lebih diperuntukkan untuk lulusan SMA/K dan D3. dari pada saya pulang dengan tangan hampa, ya udah saya apply aja n tes tulis pada tanggal 13 maret lalu.

tes Krepllin lulus, n lgsg wawancara, nunggu hasilnya sekitar 1-2minggu dari hari tes.

11. PT Wijaya Karya.

tes ini setelah dapat info via BBM dari teman bahwa mereka sangat butuh karyawan dan langsung pada hari kamis tanggal 15. info tersebut saya terima tanggal 13, dan karena memang harus ke jakarta brarti saya ikut saja. tes kali ini melibatkan pihak konsultan sumber daya manusia yaitu Iradad, setelah Kreplin dan psikotes langsung dilanjutkan dengan wawancara.

result: 3 mingguan info selanjutnya dari hari tes…

 

 

masih panjang perjalan ini kawan, dan kisah ini akan terus berlanjut…

 

 

March 20, 2012 - Posted by | Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: