Adibhasan's Blog

Just another WordPress.com site

Explore Wakatobi – Pulau Hoga

Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko adalah gugusan pulau-pulau yang membentuk WAKATOBI. Dinobatkan sebagai kawasan yang berada dalam Coral Reef Triangle menjadikan Wakatobi sebagai surganya bagi penyelam. Bagi saya yang belum sempat melakukan penyelaman di sini, dengan snorkling dan jalan – jalan di tepi pantainya saja sudah membuat saya terkagum – kagum.

Perjalanan saya di Wakatobi 10 – 14 September 2014 tidak lepas dari kegiatan kantor dalam penyelenggarakan kegiatan Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional ke XIII tanggal 8 – 12 September di Wakatobi ini. Dengan kata lain perjalanan saya kali ini tidak pure kegiatan tadabbur alam, melainkan juga kewajiban dalam menjalankan kewajiban negara.

Perjalanan saya di mulai pada hari Rabu, tanggal 10 September  2014 menggunakan maskapai penerbangan Lion Air pukul 4.30 dengan rute Jakarta – Makasar – Kendari – Wangi-wangi. Perjalanan Jakarta – Makasar ditempuh dalam waktu 2 jam 20 menit. Sesampai di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, kemudian pindah menggunakan pesawat yang lebih kecil yang menggunakan baling – baling. Terbang menggunakan pesawat yang berbaling-baling merupakan pengalaman pertama bagi saya. Sedikit shock juga, namun ternyata perbedaannya tidak terlalu jauh lah ketika menggunakan pesawat yang bertipe leboh besar.

Perjalanan Makassar – Kendari ditempuh dalam waktu satu jam. Bagi penumpang yang melanjutkan perjalanannya ke Wangi-wangi tidak perlu transit pindah pesawat di bandara Halueleo, kendari ini, karena pesawat yang sama akan langsung membawa ke Wakatobi. Namun bagi saya kesempatan berhenti sejenak 10 – 15 menit ini saya manfaatkan untuk mengabadikan momen di sekitar pesawat.

Setelah itu perjalanan dari Bandara Halueleo, Kendari, penerbangan dilanjutkan ke Bandara Matohara, Wangi – wangi dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Sesampai di bandara Matohara, saya beserta rombongan di jemput oleh petugas daerah guna mengantarkan kami ke penginapan. Karena sebagai panitia, saya baru bertugas esok harinya, sore itu kami manfaatkan untuk mengunjungi pantai Waha. Di sini tidak saya lewatkan untuk snorkeling melihat sebagian kecil keindahan Wakatobi.

Kamis – Jum’at saya full bertugas sebagai panitia, hanya sejenak sore hari di hari Jum’at menikmati jalanan Wakatobi dengan motor sewaan dan mengunjungi kawasan pantai di sekitaran saya bertugas. Acara penutupan Jum’at malam, sehingga hari Sabtu nya merupakan acara bebas.

Berdasarkan informasi dari penduduk lokal, salah satu tempat yang wajib di kunjungi ketika berlibur ke Wakatobi adalah pulau Hoga, hal ini memancing rasa keingintahuan saya. Berhubung rombongan saya tidak berkenan mengunjungi Pulau tersebut, terpaksa aku tempuh perjalanan ini seorang diri. Awal memang sedikit ragu, karena akses ke sana lumayan sulit, hanya satu kali pemberangkatan dalam satu hari.

Pulau Hoga ini berada di seberang Pulau Kaledupa. Untuk mencapai Kaledupa tersebut  hanya ada 3 kapal 2 kapal penumpang dan satu lagi kapal barang  dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Jika menggunakan kapal penumpang kita hanya diantar sampai dermaga Ambewa, Kaledupa. Dari sini lanjut dengan kapal kecil ke Pulau Hoga. Namun dengan kapal barang, KM Nur Rizky, saya diantar langsung ke pulau Hoga. Dengan tarif sama Rp 50.000,-.

Untuk perjalanan kembali ke Wangi-wangi pun, saya ada dari pukul 5 – 6 pagi hari, dari Kaledupa, dengan kata lain, jika saya terlambat sedikit saja artinya akan terlambat satu hari, sementara pesawat saya berangkat 10.45 dari bandara Matohara.

Dengan, pertimbangan risiko tersebut, akhirnya saya bulatkan tekat untuk tetap ke Hoga. Untung sekali kapten kapalnya mengantar saya ke Pelabuhan Hoga tanpa menambah biaya tambahan. Di sini saya turun seorang diri. Setelah kemudian membuat janji dengan awak kapal KM Nur Rizky, saya akan dijemput di tempat yang sama sekitar jam 4 pagi. Ternyata saya miskomunikasi, jam 4 pagi itu jika saya harus menggunakan kapal dari Hoga menuju Dermaga Ambewa, karena saya disinggahi setelah dari Ambewa, saya cukup dijemput pukul 5.30 waktu setempat.

Di Hoga pantainya memang menarik, namun akan lebih menarik lagi jika ada kesempatan untuk diving. Tapi saya sampai di Hoga saja sudah jam 3 sore, jadi waktu untuk diving sangat sedikit. Maka saya putuskan untuk berjalan disekitar pulau dan mencari-cari info akan penginapan setempat.

Namun untuk malam itu saya putuskan untuk menginap hanya di Gazeboo saja, karena pengurus resort itu, Pak Jufri, juga sudah mengizinkan saya. Sudah lah akhirnya sepanjang sore dan malam itu saya manfaatkan untuk memotret sunset dan pergerakan bintang-bintang di langit.

Besoknya, saya di jemput sekitar pukul 5.30 waktu setempat dan kembali ke Wanci, Wangi-wangi dan lanjut kembali ke Jakarta.

Tempat menarik yang direkomendasikan:

• Bajo Village bisa juga dikatakan sebagai pintu masuk dermaga Wanci
  • Pantai Cemara
  • Pantai Waha
  • Pantai Kormet
  • Spot diving and snorkeling sesuai instruktur lokal.

Info tambahan:

• Makan pakai ikan Rp 30.000 – Rp 40.000,-
  • Transpotasi lokal ojek atau angkutan kota selain menyewa motor dan mobil tentunya.
  • Harga penginapan 100 – 400 tersedia
  • ATM yang tersedia BNI atau BRI
  • Sulaman Tangan asli daerah di Pasar Pagi (dekat lapangan merdeka) atau pasar pusat.
  • Oleh – oleh makanan “Suami” berbentuk kerucut seperti tumpeng, tapi terbuat dan singkong.
  • Golok khas Sulawesi dapat ditemukan di pasar sentral
  • Jarak pasar sentral – pasar pagi, sekitar 3 – 4 KM
Keceriaan Mereka di Pulau Hoga

Perumahan Kampung Bajo.

Satu sisi di Pulau Hoga. minutes to sunset...

Satu sisi di Pulau Hoga.
minutes to sunset…

The beach is never end...